Selamat datang di Haz' GameZone dan kembali lagi di segment Haz Reviews. Kali ini ane mau review game yang mungkin belum biasa direview di blog ini yaitu game-game yang rilis di OS Android. Yang ane mau bahas kali ini adalah game dari Gameloft yaitu Gangstar New Orleans

Siapa sih yang ga kenal sama game Gangstar? Franchise dari Gameloft yang udah lahir dari jamannya OS Java berjaya. Dengan game openworld yang mirip banget kayak GTA Chinatown Wars membuat game ini seru banget dimainin di HP Java, mungkin sampe lupa makan dan bela-belain ngabisin pulsa untuk download game ini (lebay banget ah, hehe :-P ). Tapi, makin kesini kayaknya seri dari Gangstar makin rusak. Apalagi buat Gangstar yang rilis di tahun 2017 untuk platform Windows Phone, iOS, dan Android yaitu Gangstar New Orleans. Game ini bisa dibilang game sakit jiwa dan beneran ga layak untuk disebut sebagai game yang bagus. Seburuk apa sih game ini? Yuk langsung aja kita review game yang satu ini.

STORY

Karakter 'Kamu' yang merupakan karakter utama dari game ini
New Orleans merupakan salah satu kota yang ada di Amerika Serikat yang menjadi tujuan wisata para turis dan kultur dari kota tersebut yang sangat terkenal adalah Voodoo. Saat itu, festival dan parade sedang berlangsung dengan meriah. Ini merupakan kesempatan besar kamu dan Elsie Parker untuk merampok minimarket.
Ketika kamu menembak perampok di sebuah minimarket
Elsie Parker merupakan promotor dari balapan liar di kota tersebut. Dan Kamu dan Elsie merupakan teman dekat dari Alain Bodreaux, seorang pemilik club yang ada di kota tersebut. Setelah kamu dan Elsie berhasil merampok minimarket, mereka bergegas untuk menemui Alain yang ternyata sedang dalam bahaya. Kamu berhasil menyelamatkan Alain dan Elsie menjanjikan suatu mansion yang aman karena letaknya memang jauh dari pemukiman warga.
Elsie Parker, promotor nalapan liar yang mewarkanmu sebuah mansion
Ternyata dengan uang yang kamu dapatkan dari merampok hanya bisa digunakan untuk membeli tanah dan rumah yang sangat jelek. Dengan tekad yang kuat, kamu sangat ingin menjadi kingpin di New Orleans. Hal yang kamu harus lakukan adalah membangun relasi untuk menguasai semua wilayah yang ada di New Orleans. Alain memiliki beberapa kenalan yang dapat membuat kamu lebih mudah mendapatkan informasi seputar New Orleans. Pertama, Alain menyuruh kamu untuk menyelamatkan E-Man. E-Man merupakan seorang kimiawan yang sangat ahli dalam membuat racikan drugs yang sangat bagus kualitasnya. Mungkin yang sudah pernah main Gangstar : Vegas dengan karakter yang satu ini karena memang E-Man yang ada di seri ini merupakan orang yang sama dengan seri sebelumnya.

Profil singkat Alain Boudreaux
Profil singkat E-Man
E-Man menyuruh kamu untuk mengambil beberapa bahan dengan cara merampok dan juga menyuruh kamu untuk membunuh semua kompetitor dari E-Man. Setelah E-Man sudah dapat berkarya dengan baik, Alain memperkenalkan kamu dengan Marie Nouveau yaitu seorang Ratu Voodoo yang tinggal di New Orleans. Marie memberikan kutukan kepada musuh dari Alain yaitu berupa kematian. Kamu adalah orang yang dijadikan hitman oleh Maria. Setelah beberapa musuh sudah berhasil dibunuh, Marie berkata jujur bahwa ia bukan Ratu Voodoo melainkan hanya seorang lintah darat saja. Karena pengakuannya tersebut, Marie dikutuk yang menyebabkan ia selalu diganggu oleh zombie siang dan malam. Kamu membantunya untuk menghilangkan kutukan tersebut dengan mendatangi Voodoo yang sebenarnya yang berada di kuburan di pusat kota.
Profil Marie Nouveau
Kamu masih belum mendapatkan uang dan relasi yang cukup. Alain membantumu untuk mencarikan relasi dengan cara bekerja untuk Bradford Miles, pemain musik yang sering tampil di club milik Alain. Bradford merasa karirnya gagal karena kompetitornya lebih sukses darinya karena sering melakukan rekaman dan rekamannya selalu laris. Kamu diperintahkan untuk menghancurkan studio dari kompetitor Bradford, mengambil semua kopian musik tesebut, bahkan membunuh musisi yang dimana musisi tersebut adalah kompetitor berat dari Bradford.
Profil singkat Bradford Miles
Alain memperkenalkan kamu kepada Diggs & Smith namun secara tidak langsung. Dengan spontan kamu membantu mereka tanpa memikirkan hal yang aneh-aneh. Diggs & Smith merupakan preman yang kuat yang dapat mengamankan New Orleans dari serangan gang-gang yang berkuasa di kota tersebut. Dengan membantu semua teman-temannya Alain, kamu memiliki cukup relasi untuk menguasai New Orleans. Mereka semua akhirnya tahu bahwa yang memegang pengaruh besar di New Orleans adalah Jackson Duke. Mereka berencana untuk menghancurkan seluruh relasi dari Duke dan membunuh Duke. Kamu berhasil membunuh Duke dan mengambil semua kekayaan miliknya sehingga dan sekarang kamu adalah penguasa/kingpin di New Orleans.
Profil singkat Diggs & Smith
Kalo liat tulisan diatas, kayaknya seru banget ya. Tapi bisa ane akuin bahwa pembawaan storynya yang bikin game ini jadi ga bagus. Sebenernya punya konsep bagus, cuman dikemasnya bener-bener berantakan. Yang lebih parahnya, setelah beberapa kali update akhirnya Gameloft menghapus scene yang menurut ane epic yaitu pas karakter utama yaitu 'kamu' mencuri guci perunggu dan setelah itu dijemput oleh Alain menggunakan mobil parade. Ini malah diganti sama scene heist kecil-kecilan sama promotor balapan yang setelah itu ngilang bener-bener ngilang ga tau kemana itu promotor. Masa iya story dari sebuah game bisa berubah setelah update? Kan aneh bener. Kalo penasaran sama story game Gangstar New Orleans sebelum update, boleh di play video dari Gocaliber Gaming dibawah ini:


GAMEPLAY

Story yang dikemas dengan kurang baik dan ternyata gameplaynya juga ampas bener. Seperti yang kita ketahui Gangstar dikenal dengan game openworld yang bisa free roaming untuk kebut-kebutan, lawan anggota gang, bikin rusuh sampe dikejar polisi, dan ngumpulin collectible items (ga semua game Gangstar ada collectible items sih). Game ini bener-bener udah rusak feel openworld nya. Kamu masih tetep bisa free roaming, tapi buat apa gitu? Ga ada sesuatu yang menarik di kota New Orleans ini. Palingan kalo cuma untuk iseng tes senjata, bunuhin badut dengan harga wanted yang tinggi, dan ngambil collectible items yang semata-mata untuk memenuhi daily mission ya bisa, cuma ga ada menariknya sama sekali. Yang bikin keselnya lagi, itu collectible items bukan untuk dapetin progress 100% tapi semata-mata untuk daily missions aja.

Gameplay ketika misi utama
Buat masalah kontrol kayak untuk lari, nembak, berenang, dan ngendarain kendaraan, kayaknya udah cukup bagus. Paling yang agak jengkel adalah ketika nembak suka auto aim ke musuh yang posisinya mustahil untuk kena tembak. Dan kadang juga kalo lagi lari di tangga suka manjat sendiri untuk jatuh dari tangga, padahal niatnya bukan begitu. Anehnya dari game ini untuk sniper rifle ga ada scope. Tapi tetep ga jadi masalah sih.

Gameplay ketika aiming & menembak
Untungnya, karakter utama dari game ini bisa berenang
Variasi kendaraan di game ini bener-bener kurang daripada seri sebelumhya yaitu Gangstar Vegas. Cuman ada mobil, motor, speedboat & perahu, dan helikopter yang digunain cuma pas misi aja. Ini sih ane kurang tau apakah bakal ada kendaraan lain atau ngga ketika kalian udah berhasil dapetin item-item bintang 5 dan bangun mansion yang megah.

Ngomongin masalah progress 100% ya, berarti kamu harus buka semua wilayah untuk kamu kuasain dan juga harus bangun mansion sampe level max. Jalanin side missions aja ga cukup karena kamu harus dituntut punya item yang bagus dan harus sesuai dengan ketentuan minimal. Contohnya di misi gold yang gunain senjata shotgun, kamu harus punya shotguns bintang dua level 1. Kalo kamu cuman punya shotgun bintang 1 level 5 ya ga akan bisa. Satu-satunya jalan adalah kamu harus buka guci yang kamu dapatkan setelah kamu menyelesaikan side missions apapun baik itu bronze, silver, ataupun gold. Oh ya, tadi belom disinggung masalah side missions bronze, silver, dan gold. Sebenernya ketiganya itu sama aja, yang bikin beda adalah waktu untuk mendapatkan bintang 3 (perfect) itu semakin singkat dan hadiah gucinya semakin bagus. Bintang tersebut yang berguna untuk membuka semua wilayah yang ada di New Orleans.

Cuman, ga semudah itu men! Kamu harus nunggu 1 jam, 6 jam, 12 jam, bahkan berhari-hari cuman untuk nungguin buka guci. Dan kamu cuma punya batas nyimpen sampe 4 guci aja. Gila kali ya. Dan kalo di game-game jaman dulu, sambil nunggu untuk claim hadiah pasti banyak banget hal yang menarik untuk dilakuin. Tapi ini ga ada menarik-menariknya, paling cuman nyuruh para centeng untuk ngebasmi side missions ataupun kamu sendiri yang terjun ke misi tersebut untuk dapetin uang tambahan. Cuma lama-lama bosen juga lah!

Harus nunggu 12 jam untuk 1 guci. Ga mau nunggu lama? Bisa beli dengan diamond dan itu ga murah!
Ga sampe disitu, upgrade senjata, kendaraan, centeng, sama rumah sama aja gilanya. Kamu harus mengandalkan isi guci yang kamu dapatkan untuk upgrade. Ilmu peluang kayaknyan ga kepake sama sekali karena hasil hadiahnya sering banget ngaco. Ini sama aja namanya memaksakan pemain untuk bermain gacha dong ya. Capek untuk bermain gacha? Gameloft punyapenawaran yang paling busuk dan sakit jiwa yaitu microtransaction yang ga masuk akal.

Microtransaction yang paling sakit jiwa!




Dan untuk dapetin diamond gratis dan guci gratis, kamu bisa melakukan dengan cara menonton video iklan yang berdurasi 15 detik sampe 30 detik. Ya maklum, ini game gratisan. Cuma anehnya iklan ga setiap saat tersedia. Dan juga. kadang iklan suka pop up sendiri ketika tidak diinginkan. Bener-bener game yang mengganggu.

Ga diminta iklannya pop up sendiri
Penghasil items yang paling murah tapi mengganggu
Di game ini ga ada shops untuk senjata, mobil, dan refill darah dan granat. Semuanya cuman ngandelin buka guci. Jadi emang betul pemain diarahkan untuk bermain gacha di game ini. Paling, shops yang paling rasional adalah untuk asesoris kepala, baju, celana, dan sepatu. mYa walaupun ada juga baju yang harganya ga waras, tapi semuanya bisa dibeli dengan uang in game baik itu diamonds ataupun golds.

Tenang, kamu masih bisa belanja pakaian. Tapi inget, ini bukan barang yang murah!
CONCLUSION

Gangstar New Orleans merupakan game yang rilis untuk platform mobile yang pertama kali rilis pada tahun 2017. Game ini memiliki konsep yang sangat bagus namun sayangnya eksekusinya sangat buruk. Game ini udah ga layak dikatakan sebagai game openworld, tapi lebih cocok disebut dengan game  pembuka guci simulator dan ini beneran salah satu game buruk yang pernah ane mainkan. Ane sangat tidak merekomendasikan kamu untuk memainkan game yang satu ini karena cuma buang-buang waktu dan kuota aja. Buat game ini ane kasih skor 3.0/10



Sekian segment Haz Review kali yang yang membahas tentang Gangstar New Orleans. Ada dari kalian fans dari game ini dan ga setuju sama review ane? silahkan di komen di kolom komentar ya.