Halo, selamat datang di Haz' GameZone! Kembali lagi bersama The Haz di segment Haz' Reviews. Kali ini ane bakal bahas game dari developer kecil GMS Adventure yang sebenernya sering banget buat game-game petualangan dengan 2D scrolling. Game tersebut berjudul OverDrive. Ciri khas dari developer yang satu ini adalah menggunakan karakter stickman. Game yang kayak gini nih yang ane demen dari waktu bocah jaman-jamannya ane masih suka nangkring di website StickPage untuk menikmati semua konten yang berkaitan dengan stickman. 

Ok,  sebelum kita lanjut masuk ke sesi review ane mau ngasih tau bahwa game yang ane review itu adalah versi premium dari game OverDrive atau kalo di PlayStore kalian bisa search dengan keyword OverDrive Premium. Bedanya apa sih ini game sama yang Free Version? Yuk langsung aja kita bahas game OverDrive Premium.

STORY

Dimasa depan, manusia akan disatukan dengan teknologi mesin yang disebut dengan 'shadow cyborg'. Semua sektor akan memiliki Shadow Security Force (S.E.F.) dan semua sektor tersebut akan diawasi oleh pemerintah pusat di Kota Century. Semua berjalan dengan lancar, sampai akhirnya pemerintah pusat terkena hack oleh Dark Clan. Para S.E.F. di hack sehingga mereka tega untuk membunuh semua shadow cyborgs dan menciptakan pasukan baru. 

Salah satu anggota CERO, Swordman, melihat kejanggalan di salah satu sektor Kota Century
 
CORE, senior dari pasukan shadow cyborg mengetahui hal tersebut. Tapi ia sudah terlambat karena keadaan sudah kacau balau. Sebenarnya, ada 7 hero shadow cyborgs yang sudah senior yaitu Swordman, City Hunter, Berserker, Lightning Blade, Light Bringer, Shadow Lady, dan Shadow Reaper. Kebetulan yang terdekat dari lokasi kekacauan adalah Swordman. Swordman langsung mendekati Pemimpin (Lord) dari S.E.F. yang sudah terkena hack, ternyata kekuatan Lord tersebut terlalu kuat sehingga menyebabkan Swordman tidak sadarkan diri.

Lord dari S.E.F. sektor setempat sudah diretas
 
Ketika Swordman sadar, ia sudah berada di hutan dan kehilangan semua kekuatannya. Swordman harus menghentikan Lord sebelum keadaan semakin memburuk. Perjalanan Swordman bermula dari hutan, singkat cerita ia berhasil mengalahkan monster terkuat yang ada di hutan tersebut yang membuatnya semakin kuat. Kemudian ia mulai masuk ke Kota Century dengan melewati jembatan. Musuh yang dihadapinya semakin kuat, ia juga harus menghadapi penjaga jembatan tersebut. Swordman berhasil mengalahkan penjaga jembatan, namun penjaga tersebut mengeluarkan tembakan yang sangat kuat sebelum akhirnya dia mati. Swordman terkena serangan tersebut dan tidak sadarkan diri. Ketika penglihatan Swordman sudah mulai pudar, ada sosok misterius yang mendatangi Swordman.

Swordman tidak sadarkan diri terkena serangan dan diselamatkan oleh cyborg misterius

Swordman bangun dari tidurnya, sekarang ia berada di sebuah pabrik penghasil shadow cyborgs yang berkualitas. Swordman berhasil mengalahkan semua cyborgs yang ada dan berhasil keluar dari pabrik tersebut. Ternyata, pabrik tersebut terletak di bawah tanah dari Kota Century. Perjalanan Swordman semakin dekat untuk menghentikan Lord. Swordman berhasil mengalahkan semua penjaga yang ada di Kota Century dan berhasil bertemu dengan Lord secara face 2 face. Karena Swordman sudah bertambah kuat dan sudah hafal dengan pola serangan Lord, Lord berhasil dikalahkan.

Swordman berhasil keluar dari pabrik yang ternyata bertempat di bawah tanah dari Kota Century
 
Di akhir cerita, Swordman bertemu dengan sosok yang menyelamatkannya. Dia adalah Shadow Lady. Dengan terbunuhnya Lord ditangan Swordman, Kota Century sudah aman. Apakah benar-benar aman? Ternyata yang Swordman kalahkan hanya Lord S.E.F. yang terkena hack dari salah satu sektor aja. Ternyata, Kota Century terdiri dari 4 sektor yang berarti masih ada 3 Lord S.E.F. yang masih hidup.

Lord dari S.E.F. sudah berhasil dikalahkan. Ternyata masih ada 3 Lord lagi yang masih bertahan
Secara story, ane sih demen banget karena bertemakan futuristik yang di kombinasikan dengan cyborgs ninja. Story game ini sesuai banget dengan nama gamenya yaitu OverDrive yang dimana kondisi Kota Century yang diluar kendali karena ada yang meretas sistem dari kota tersebut. Game ini memiliki story yang simpel dan sangat mudah dipahami, menurut ane sih untuk tim developer yang kecil buat story yang model kayak begini udah bagus banget. Walaupun ga ada sesuatu yang mindblow di cerita game ini, tapi tetep ane bisa nikmatin game OverDrive ini.

Tapi ada satu pertanyaan ane, tadi kan ada 7 hero CORE yang bisa dibilang udah senior dan harusnya bisa membantu mengamankan Kota Century. Di cutscene gamenya cuma ada Swordman dan Shadow Lady aja, kemana ya yang lainnya? Karena gini, kalo misalnya City Hunter, Berserker, Lightning Blade, Light Bringer, dan Shadow Reaper merupakan skin atau kostum dari Swordman itu ga mungkin banget karena dari penampilan, senjata, dan skill itu beda banget. Mungkin 5 dari hero tersebut mengaman sektor lain dari Kota Century, ya kita ga ada yang tau. Mungkin bakal lebih bagus kalo setiap hero punya sudut pandang terhadap masalah hack di Kota Century ini.

Loading screen game OverDrive membuktikan bahwa setiap hero itu merupakan orang yang berbeda

GAMEPLAY


OverDrive merupakan game 2D scrolling adventure dengan menggunakan design karakter stickman. Walaupun cuma stickman, tapi design dari game ini mulai dari karakter, robot, dan background dibuat dengan sangat baik. Ada tujug CORE hero yang kita bisa pake yaitu Swordman, City Hunter, Berserker, Lightning Blade, Light Bringer, Shadow Lady, dan Shadow Reaper. Yang bikin ane salut adalah setiap karakter punya gerakan serangan yang berbeda meskipun list kombonya dari setiap karakter sama. Musuh-musuh yang di muncul juga banyak, mulai dari swordman, rail gunner, droids, pasukan yang pake tameng, badak, satyr, dll. Tapi sayang banget, ga ada ensiklopedia yang isinya tentang CERO dan musuh-musuh yang dilawan. Padahal kalo ditambah detail kayak gitu bakal bagus banget deh.

Gameplay di mode Story

Lanjut ke masalah kontrolnya. Di game ini, kontrolnya cukup simpel. Kamu bisa melakukan serangan, lompat, lompat sambil nyerang, mengeluarkan special attack, dan juga ada kombo-kombo yang bakal ngebantu kamu banget dalam menyelesaikan misi. Seperti yang ane udah bilang sebelumnya, untuk kombo list dari masing-masing karakter sama aja. Yang bikin beda adalah moveset dari setiap karakter. Ga mungkin dong kamu tiba-tiba beli karakter tapi kamu sendiri ga tau moveset dari masing-masing karakter? Tenang, di game ini bisa trial hero terlebih dahulu untuk mencoba kombo dari hero yang kamu mau beli. Kalo cocok, bisa kamu beli tapi kalo misalnya ga cocok bisa pilih cancel dan ga dikenai biaya apapun.

Lima dari tujuh hero yang tersedia dalam game OverDrive

Combo list yang bisa kamu lakukan di game OverDrive

Selama bermain game ini kamu akan ditemani musik yang sebenernya tujuan utamanya adalah bikin kamu semangat. Dengan instrumen rock, game ini harusnya bakal jadi game yang sempurna. Tapi, ternyata justru musik instrumennya bener-bener merusak feel kamu karena musik yang diputer itu cuman loop dari audio berdurasi 2-3 detik aja. Masalahnya bukan disitu, tapi loop dari audio itu bener-bener terlalu kedengeran karena bagian akhir dan awal audio itu kedengeran banget patahnya. Hmm, mungkin lebih bagus kalo main ini ga pake musik atau ngga ya ditemenin musik yang kamu sukai aja deh.

Game ini ada tiga mode yaitu Story, Adventure, dan Defense (Tower Defense). Mode Story berisi tentang cerita dari game OverDrive ini sendiri yang isi dari ceritanya udah ane paparin semua di bagian STORY diatas. Di mode Adventure, kamu bisa menantang dirimu sendiri untuk melawan musuh yang banyak yaitu sebanyak 40 level. Untuk bisa memainkan mode Adventure, kamu harus menyelesaikan terlebih dahulu mode Story sampai ganti tempat. Mode ini cocok banget untuk mendapatkan souls (poin untuk upgrade). Dan terakhir ada mode Defense yang dimana kamu harus mempertahankan suatu tower milikmu. Nah, untuk towernya sendiri bisa di ganti ataupun di upgrade menjadi tower yang sangat kuat.

Tiga mode yang bisa kamumainkan di game ini yaitu Story, Adventure, dan Defense

Gameplay di mode Defense

Gameplay di mode Adventure
Ngomongin masalah upgrade, di game ini upgrade menaruh peran yang sangat penting. Ada dua hal yang bisa kamu upgrade yaitu attack dan health. Attack berfungsi untuk menguatkan serangan dan juga membuka list kombo sedangkan health berfungsi untuk membuat karaktermu semakin kuat menahan serangan musuh. Semua upgrade bisa dilakukan dengan cara menukarkan souls dengan upgrade yang sesuai kita mau. Selain untuk upgrade, souls juga bisa digunakan untuk membeli hero baru.

Oh ya, sebelum kamu download game ini ada slogan bahwa di game ini kamu akan melawan bos-bos yang bisa dibilang itu adalah pertarungan yang epik. Ya, ini sih gimmick nya terlalu berlebihan. Pas ane mainin ternyata lawan bosnya itu mudah banget, yang susah justru lawan musuh-musuh kecilnya kayak misalnya badak dan satyr. Tapi untungnya gameplay yang ditawarkan cukup menarik sehingga gimmick tersebut ga langsung menghancurkan game ini secara total.

Salah satu boss fight yang ada di game OverDrive


Di game ini, ada dua benda yang dijadikan sebagai mata uang yaitu gems dan souls. Sebelum ya udah dijelasin  secara detail kegunaan dari souls. Nah, untuk gems sendiri itu berguna untuk melakukan revive kalo lagi Story ataupun Adventure, untuk menaikkan satu tingkat upgrade, dan bisa juga dibelikan items seperti penambah darah ataupun penambah kekuatan selama pertarungan berlangsung. Kalo kamu kekurangan souls, kamu juga bisa menukarkan gems kamu dengan sejumlah souls. Dengan begitu, permainan jadi lebih mudah diselesaikan.

Setiap hari dan setiap 3 jam sekali kamu berkesempatan untuk dapet souls dan gems gratis dari daily login dan wheel of fortune. Hadiahnya cukup fair sih, kalo kamu rajin mainin game ini setiap harinya kayaknya di hari ke 10 atau 11 aja udah bisa tamat ini game. Selain harus nunggu 3 jam sekali, kamu juga bisa berkesempatan main wheel of fortune dengan cara menonton video iklan yang berdurasi 30 detik atau dengan membayarnya dengan gems. 

Tampilan daily login

Tampilan wheel of fortune

Di game ini ada beberapa microtransactions yang menurut ane sih masih dianggap wajar. Kenapa wajar? Ya jelas mereka dari developer kecil yang sebenernya butuh donasi juga. Barang yang ditawarkan juga masuk akal kok dengan harga yang masuk akal juga. Ngga kayak Game Gangstar New Orleans yang udah ane bahas di sesi sebelumnya. Dan microtransactions nya ini ga wajib kamu beli juga bisa tamat kok ini game. Tapi sebenernya ada yang bikin ane ga sreg aja sama game ini, mungkin nanti ane bakal bahas di bawah ya.

Salah satu bentuk microtransaction dalam game OverDrive
PERBEDAAN VERSI PREMIUM DAN VERSI BIASA

Perbedaan icon game OverDrive Premium (kiri) dan OverDrive Non-Premium (kanan)

OverDrive Premium menawarkan beberapa konten yang bisa dibilang menarik yaitu hero Lightning Blade secara gratis, harga upgrade hero dan beli hero yang lebih murah, gems gratis selama 7 hari, dan penghapusan iklan yang muncul secara tiba-tiba. Nah, karakter Lightning Blade itu sendiri merupakan karakter yang OP (Over Power) menurut ane. Tapi tetep sih ga bisa nyelesaiin game ini secara singkat karena walaupun harga upgrading nya udah murah tapi tetep harus usaha buat nyari souls.

OverDrive Premium dijual di PlaySotre dengan harga Rp6.500

Entah kenapa buat dapet harga upgrading yang murah dan juga gems yang diberikan secara gratis selama seminggu ane ga ngerasain efeknya secara langsung. Yang jelas, di game ini ane sih dapet bonus souls dan gems dari spin wheel of fortune yang atau ga dari hadiah harian yang udah ane jelasin dibagian GAMEPLAY. Mungkin dua fitur itu (harga upgrading yang murah dan juga gems yang diberikan secara gratis selama seminggu) cuma gimmick aja supaya lebih banyak orang yang main. 

Di versi premium, ga ada lagi tuh iklan yang muncul secara tiba-tiba padahal kita ga pengen. Tapi buat masalah iklan itu masih tetep ada. Kapan iklan itu muncul? Iklan muncul ketika kamu mau menggandakan souls yang kamu dapet setelah selesai dengan Story atau Adventure. Di tengah-tengah perjalanan Story juga ada iklan ketika kamu mau dapet bonus souls. Ini dia yang ane ga demen, game premium kok masih ada gangguan iklan di tengah-tengah Story? Padahal kan bisa gitu misalnya dikasih challenge yang dimana kalo pemainberhasil menyelesaikannya ya bakalan dapet souls yang worth. Ini malah dibikin iklan. Bener-bener bikin eneg dah.

CONCLUSION

OverDrive merupakan game 2D scrolling adventure buatan GMS Adventure yang memiliki story tentang futuristik kehidupan manusia super. Untuk gameplay ane akuin ane suka sama ini game karena punya kontrol yang simpel dan ini game bikin ane nostalgia sama flash games stickman yang dulu ane pernah mainin. Sebenernya yang bikin ngeganggu ane mainin ini game adalah backsountrack-nya yang dimana transisi looping-nya itu bener-bener patah banget. Embel-embel 'Premium' di game ini kayaknya juga gimmick aja supaya banyak orang support game ini. Tapi tetep sih ane bisa nikmatin beberapa fitur dari OverDrive Premium yaitu ga ada iklan yang mumcul secara tiba-tiba dan dapet karakter Lightning Blade yang menurut ane OP banget. Untuk game ini ane kasih nilai 7.0/10


Ada yang pernah main game ini? Atau mungkin pernah main game 2D scrolling adventure stickman yang serupa? Yuk langsung komendi kolom komentar. Sampai jumpa lagi di postingan selanjutnya ya :-)