Halo semua, selamat datang di Haz' GameZone di segment Haz Reviews. Game yang kali ini bakal ane reviews adalah game balapan yang legendaris yang masih banyak peminatnya sampai sekarang. Bahkan di tahun 2012, Need For Speed (NFS) merilis game seri lainnya dengan judul yang sama dengan game yang mau kita bahs kali ini. Yup, untuk sesi kali ini ane bakal bahas tentang Need For Speed: Most Wanted yang rilis pada tahun 2005 atau lebih akrab disebut dengan judul NFS MW.

Sebelum masuk ke segment review kali ini, ane mau kasih tau ke kalian kenapa ane bahas game yang satu ini. Game ini merupakan game balapan mobil pertama kali yang ane mainin, inget banget pertama kali main ini itu pas SD. Tapi karena belum terlalu ngerti, akhirnya main ga sampe tuntas dan main game ini lagi pas SMP. Karena game ini, dulu ane tergila-gila sama game balapan mobil dan sampe download semua seri NFS untuk GBA biar bisa main dimanapun dan kapanpun pake laptop keluarga. Dan kebetulan ada yang request dari audience setia fanspage kami untuk bahas game yang satu ini. Yuk, tanpa basa basi langsung kita review NFS Most Wanted.

STORY

Cerita dimulai ketika kamu sebagai pemain baru dalam balapan liar di Kota Rockport.Untuk menarik perhatian pembalap lainnya, kamu berkeliling kota menggunakan mobilmu yaitu BMW M3 GTR yang sudah di full modifikasi. kamu bertemu dengan wanita muda yang diduga adalah salah satu dari anggota Blacklist. Di waktu yang bersamaan, Sergeant Cross mendatangimu dengan menggunakan mobil Chevrolet Corvette dan wanita tersebut langsung melarikan diri. Karena mobil yang kamu gunakan adalh full modifikasi, sudah jelas mobil ini akan digunakan untuk balapan liar. Sergant Cross ingin menangkapmu, tiba-tiba walkie talkie mereka berbunyi dan mendapat informasi bahwa adanya balapan liar. Dengan bergegas Sergeant Cross langsung datang ke TKP dan mengatakan bahwa jika kamu bertemu dengannya lagi maka polisi tidak segan-segan untuk menangkapmu.

Sergeant Cross, Polisi yang sangat sering berpatroli untuk memberantas balapn liar di Rockport City

Lusa setelah kejadian tersebut,  kamu bertemu dengan Ronnie yang merupakan anggota dari Blacklist top 3 dan langsung mengajaknya balapan secara 1 vs 1. Dengan mudahnya kamu mengalahkan Ronnie dan diapun langsung membawamu ke perkumpulan para anggota Blacklist. Dengan muka kesal, Razor memarahi Ronnie karena sudah berhasil dipermalukan oleh orang yang baru menginjakkan kaki di dunia balapan liar Kota Rockport. Razor menantangmu balapan 1 vs 1. Mia, seorang pembalap wanita yang kamu temui 2 hari yang lalu melakukan negoisasi hadiah yang diterima pemenang dari balapan tersebut. Mia mengusulkan peserta lomba yang kalah wajib Pink Slip (menyerahkan mobil yang dimiliki ke pemenang) dan menyerahkan uang yang cukup besar. Awalnya Razor tegang terhadap keputusan tersebut, namun akhirnya ia menerima. Tetapi sebelum memulai balapan, kamu harus menghadapi Rog beserta pembalap-pembalap yang pemula lainnya dan Bull yang meruapakan Blacklist satu tingkat diatas Ronnie. 

Ronnie McCrea, Blacklist Top 3

Razor Callahan, Blacklist #15

Mia Townsend, Pembalap wanita yang selalu mengetahui informasi balapan liar

Mia dan Razor sedang melakukan negoisasi terkait hadiah perlombaan

Kamu  dengan mudah mengalahkan Rog beserta 3 pembalap lainnya. Rog mengatakan bahwa ia suka dengan caramu mengendarai dan juga mengatakan bahwa selalu berhati-hati. Setelah berpisah dengan Rog, Razor muncul dihadapanmu dan tidak sabar untuk balapan denganmu. Sebelum itu terjadi, kamu harus mengalahkan Bull terlebih dahulu. Bull berhasil kamu kalahkan, sekarang saatnya untuk balapan dengan Razor.

Toru Sato A.K.A. Bull, Blacklist satu tingkat diatas Ronnie


Rog (kiri) sedang berbincang-bincang dengan Kamu (Kanan)

Scene epic ketika Razor (kiri) tidak sabar balapan denganmu (kanan)
Hari yang ditunggu-tunggu sudah tiba. Kamu sudah siap untuk mengalahkan Razor dan Razor juga sudah siap untuk balapan denganmu. Ketika balapan sedang berlangsung, ternyata mesin mobilmu mengalami masalah (Blown engine). Dengan terpaksa kamu kehilangan banyak uang dan juga kendaraanmu. Di saat yang tepat, Sergeant Cross datang untuk menangkapmu.

Setelah beberapa hari, kamu di bebaskan karena tidak adanya bukti kalau kamu adalah anggota dari Blacklist. Mia menjemputmu didepan kantor polisi dan mengatakan bahwa mobilmu sudah di sabotase. Razor menjadi Blacklist #1. Untuk membalas dendam atas kekalahanmu, kamu harus melewati 14 anggota Blacklist lainnya. Dan tentunya kamu juga membutuhkan mobil baru untuk melakukan balapan liar. Untuk informasi tentang 15 anggota Blacklist bisa di cek di website NFS Fandom.


Sonny, Blacklist #15
Setelah kamu sudah mendapatkan mobil barumu, kamu melakukan semua syarat untuk bisa melakukan balapan dengan para anggota Blacklist. Singkat cerita, kamu sudah berhasil mengalahkan 14 anggota Blacklist dan terakhir kamu harus berhadapan dengan Razor. Akhirnya kamu memenangkan pertandingan dan berhasil mendapatkan mobilmu. Setelah balapan selesai, ternyata kamu dimanfaatkan oleh Mia agar Sergeant Cross mudah untuk menangkap seluruh anggota Blacklist. Mia adalah polisi yang sedang menyamar menjadi pembalap wanita. Meskipun begitu, Mia memberikan tips untuk bisa kabur dan tidak tertangkap oleh polisi. Akhirnya kamu diarahkan ke jembatan yang belum jadi di Rosewood Utara. Kamu berhasil lompat dan kabur dari kejaran polisi. Di akhir cerita, kamu beserta mobil BMW M3 GTR di tandai sebagai Most Wanted di Kota Rockport.

Ok, game ini bener-bener bikin ane mindblow juga. Padahal sih cerita di game ini simpel yaitu Kamu mau menjadi seorang pembalap liar nomor 1 di Rockport. Ternyata niatan kamu ini dimanfaatkan Mia untuk menangkap semua anggota Blacklist. Wow, bener-bener ga terduga. Dan cerita dari game ini ane beneran suka deh pokoknya (y) .

GAMEPLAY 

Sebelum bahas gameplay, cuman ingin meluruskan kalo game yang ane mainin adalah Need For Speed: Most Wanted yang Standard Edition, bukan yang Black Edition maupun 5-1-0. Jadi, mungkin bakal ada sesuatu yang beda dari yang kamu mainin kalo kamu maininnya versi Black Edition atau yang versi PSP nya yaitu 5-1-0.

Need For Speed: Most Wanted (2005) atau lebih akrab disebut NFS MW merupakan game balapan yang bisa free roaming, dikejar-kejar polisi, dan juga bisa kostumisasi. Ini merupakan perpaduan antara game NFS Underground 2 dan NFS Hot Pursuit. Meskipun bisa free roaming, tapi tetep kok kamu bisa melakukan fast travel untuk mengikuti balapan satu ke balapan lainnya, ke tempat kostumisasi mobil, dan masuk ke savehouse untuk mengganti mobil. Kecuali kalo lagi di kejar-kejar polisi ya, kamu harus kabur dulu sampe bener-bener aman.

Gameplay ketika free roam dan menandai suatu destinasi
Untuk mobil di game ini bisa dibilang cukup banyak yaitu 32 mobil yang bisa dibeli dari shops, 2 mobil yang bisa didapetin ketika bisa menyelesaikan semua challenge, dan 1 mobil kalo udah namatin ini game. Untuk listnya bisa langsung cek NFS Fandom. Mobil-mobil tersebut bisa di tune up dan juga bisa di kostumisasi mulai dari ganti body parts, spoilers, hoods, cat mobil, dan biar kece juga bisa di tambahin vinyls. Walaupun ga sekeren NFS Undergourd 2, tapi tetep sih ane bisa enjoy sama kostumisasi di game ini. Tapi ada juga yang bikin jengkel yaitu kalo mau buka item yang ada harus ngalahin Blacklist tertentu dulu baru bisa kebuka. Kadang kan ga sabar aja buat nunggu, akhirnya keburu ganti mobil deh. Untuk parts yang bisa di tambahkan di mobil kamu bisa dicek di NFS Fandom
 
Kostumisasi spoilers
Ga cuma kostumisasi tampilan luar aja, untuk speedometer juga bisa di ganti-ganti loh

Untuk masalah driving, handling, dan NO2 di game ini menurut ane ga ada masalah. Balapan yang ditawarkan cukup bervariasi mulai dari Circuit, Sprint, Lap Knockout, Drag, Speedtrap, dan Tolbooth. Satu balapan yang ga ada adalah Drift Race  yang sebenernya ada di NFS Underground 2. Sayang banget mode ini ga ada di NFS MW. Mode dari balapan ya emang cuma yang diatas aja, tapi makin lama track nya itu makin panjang yang dimana balapannya juga semakin seru.


Balapan mode Circuit

Setiap selesai balapan, pasti ada model photoshot kayak gambar ini
Kerjar-kejaran sama polisi merupakan fitur yang ane demen banget. Kalo kamu mau lanjut ke Blacklist selanjutnya, ya mau ga mau kamu harus naikin bounty kamu. Caranya dengan membuat onar di depan polisi dan berbuat kerusakan di Kota Rockport. Di awal memang terlihat mudah, tapi semakin lama kamu dikejar maka heat level juga semakin naik. Awalnya cuma mobil polisis biasa, nanti dikejar sama SUV, speed car, helikopter, dan pemasangan duri jalan juga semakin banyak. Nah, duri ini nih yang bikin ngeselin kalo udah kena. Kalo ban kamu udah kena duri, dua ban aja itu udah susah banget untuk melaju. Ga kayak GTA ya yang kalo udah kena duri atau bannya ketembak masih bisa melaju jauh :-P . Oh ya, kalo kejar-kejarannya udah mencapai target jangan lupa untuk takedown polisi-polisi yang ngejar kamu dan sembunyi sampe cooldown-nya selesai.

Selama balapan, kamu akan ditemani sama musik yang menurut ane sih cocok untuk balapan. Lagu favorit ane sih Bullet for My Valentine - Hand of Blood. List lagu lainnya bisa cek di NFS Fandom

CONCLUSION

Need For Speed: Most Wanted (2005) merupakan game openworld racing yang punya cukup banyak fitur yang asyik dimainkan. Memiliki story yang simpel tapi mindblow karena endingnya beneran ga ketebak. Kamu bisa memodifikasi mobilmu dengan banyak pilihan parts dan tampilan mobil yang membuat kamu makin betah main game ini. Ada 6 jenis balapan yaitu Circuit, Sprint, Lap Knockout, Drag, Speedtrap, dan Tolbooth, walaupun jenis balapannya itu-itu aja tapi kamu ga akan bosen karena track yang di tawarkan nantinya akan semakin panjang dan juga semakin seru. Salah satu syarat untuk bisa kle Blacklist selanjutnya adalah dengan menaikkan bounty mobilmu, nah ini bisa dilakukan dengan cara berbuat onar di kota sampai akhirnya dikejar-kejar polisi yang dimana itu seru banget menurut ane pribadi. Buat game ini ane kasih skor 9.5/10 yang dimana ane sangat merekomendasikan game yang satu ini kalo kamu memang suka game balapan.



Sampai disini dulu pembahasan game NFS MW. Apa game ini merupakan game NFS terfavorit kalian? Apa hal yang paling berkesan ketika main game ini? Yuk langsung komen di kolom komentar. Kalo ada yang mau di diskusikan, silahkan. Sampai jumpa di postingan selanjutnya, see you next time ;-)