Pada waktu dekat ini, tepatnya Juni 2019 timeline media sosial lokal dibanjiri oleh informasi yang mencengangkan yaitu haramnya/illegalnya suatu game di sebuah wilayah. Game yang di cap haram tersebut adalah Player Unknown Battleground atau biasa disingkat dengan PUBG. Sebenarnya, pelarangan seperti ini sudah pernah terjadi juga di negara lain dengan judul game yang lain dengan alasan yang mungkin ga bisa diterima oleh akal para pemain video games. Alasan pelarangan game-game tertentu beredar biasanya karena didalamnya banyak konten kekerasan, pembunuhan, penghancuran sebuah kawasan, dll. Berdasarkan informasi yang banyak beredar di media massa, PUBG dilarang karena dengan alasan didalam game tersebut terdapat kekerasan dan kebrutalan sehingga dapat mempengaruhi perilaku seseorang. Padahal, banyak game yang bisa dibilang lebih sadis daripada PUBG. Ya kita ambil contoh aja game Manhunt buatan Rockstar yang dimana mayoritas konten dari game ini adalah membunuh musuh-musuh yang ada disekitar secara brutal. Berarti ada game yang lebih haram daripada game haram yaitu game Manhunt. 


Ok, kita jauh-jauh dulu dari permasalahan statement haramnya suatu game dan mungkin bakalan kita bahas di sesi lain ya. Yang kita bahas sekarang adalah review dari game Manhunt. Seberapa sadis game ini? Ada ngga ya pesan yang ingin disampaikan dari game buatan Rockstar yang satu ini. Yuk langsung aja simak postingan Haz Review kali ini. 


STORY


Manhunt menceritakan tentang seorang psikopat  yang berada di Cancer City yaitu James Earl Cash yang terbukti salah atas kasus pembunuhan dan harus menerima hukuman mati yaitu dengan cara disuntik mati. Seorang jurnalis mengabarkan informasi tersebut di televisi sehingga semua orang akan tahu bahwa Cash sudah mati. Ternyata, Cash terbangun dari tidurnya dan ada seseorang yang berbicara kepadanya. Orang tersebut dikenal sebagai The Director. Untuk bisa bebas, Cash harus mengikuti semua perintah yang diberikan oleh The Director. Perintahnya adalah membunuh anggota gang yang dikenal dengan nama The Hoods secara brutal dan semua aksinya tersebut akan direkam oleh CCTV yang terpasang di beberapa sudut. Setelah Cash berhasil membunuh semua The Hoods, Cash dihajar oleh kelompok bersenjata yang bernama Cerberus sehingga ia tak sadarkan diri dan dibawa ke van untuk diantarkan ke sebuah tempat.

James Earl Cash mendapat hukuman mati yaitu suntik mati


Sang Director menjanjikan Cash bebas, tapi ternyata banyak yang harus Cash lakukan agar bisa bebas. Cash harus melakukan hal yang sama dengan apa yang ia lakukan terhadap The Hoods terhadap kelompok psikopat yang lebih menyeramkan, mulai dari kelompok rasis yaitu The Skinz, kelompok pensiunan tentara yaitu The Wardogs, kelompok pengadi setan yaitu The Innocentz, dan kelompok penghuni rumah sakit jiwa yaitu The Smiley.

Setiap kali Cash berhasil dengan misinya, ia selalu dihalangi oleh Cerberus


Pertama, Cash harus membunuh kelompok The Skinz. Kemudian, Cash berhadapan dengan The Wardogs dan misi utama Cash adalah menyelamatkan keluarganya yang tersandra. Cash tiba di sebuah mall dan bertemu keolompok The Innocentz. Ia diperintahkan untuk mengambil sebuah tape yang ada di toko kaset di mall tersebut. Setelah berhasil, Cash memutar tape tersebut dan ternyata tape tersebut berisi video keluarganya yang di aniaya dan akhirnya dibunuh. Cash tidak terima dengan keputusan Sang Director yang dimana awalnya ia sudah memberikan janji untuk membebaskannya tetatpi justru dibunuh. Selanjutnya, cash harus berhadapan dengan kelompok The Smiley di sebuah rumah sakit jiwa. Cash berhasil membunuh semua anggota The Smiley, tetapi masalah belum selesai sampai disitu. Cash harus berhadapan dengan The Wardogs yang kali ini dipimpin langsung oleh pemimpin kelompok tersebut yaitu Ramirez. Cash berhasil mengalahkan semuanya dan kabur dari pengaruh The Director.

Ramirez memerintahkan semua pasukannya untuk menghalangi Cash


Ketika sedang melarikan diri, Cash dijemput oleh jurnalis yang membacakan berita kematian Cash. Jurnalis tersebut mengatakan bahwa Polisi di kota Cancer  sudah disuap agar Sang Director bisa membuat suatu film dengan scene pembunuhan yang real. Director tersebut bernama Lionel Starkweather, seorang Director terkenal di Vinewood dan berhenti menjadi seorang director karena adanya kasus skandal. Bukti laporan bahwa adanya kasus suap ini ada di sebuah hotel  yang jurnalis tersebut tempati. Ternyata, banyak sekali polisi korup yang menjaga tempat tersebut. Singkat cerita, Cash berhasil membawa jurnalis tersebut ke kamar hotelnya dan mereka berdua berhasil melarikan diri. Cash ditawarkan untuk kabur bersama dengan jurnalis tersebut, tetapi Cash menolak dan pergi ke rumah besar Starkweather untuk balas dendam.


Mansion Starkweather dijaga ketat oleh kelompok bersenjata Cerberus. Dengan cara brutal, Cash menghabisi semua penjaga mansion tersebut. Ketika hampir sampai ke lantai paling atas dari mansion, Cash berhadapan dengan Piggsy yaitu psikopt kesayangan Starkweather yang kesehariannya dikurung, diberi makanan kotor, dan selalu menggunakan topeng babi berkulit babi asli.  Cash berhasil mengalahkannya dan mendapatkan gergaji mesin miliknya. Kemudian Cash memasuki ruangan pribadi milik Starkweather secara paksa. Starkwather memohon ampunan kepada Cash, tetapi  ampunan tersebut tidak ia dengarkan dan langsung menghantamnya menggunakan gergaji mesin.


Sang jurnalis melaporkan bahwa adanya kasus suap yang dilakukan oleh Starkweather kepada Kepala Kepolian Cancer City di sebuah televisi. Ia juga memberi kabar bahwa Lionel Starkweather sudah tewas di mansionnya sendiri. Dimanakah James Earl Cash berada? Sampai saat ini tidak ada yang tau dimanakah keberadaannya.


Ok, untuk story nya menurut ane agak nyeremin yaitu tentang pembunuhan yang dilakukan oleh seorang psycho untuk bisa bebas. Untuk konsep ceritanya ane cukup suka karena bener-bener beda dari yang lain. Hal yang bisa ane tangkep dari cerita Manhunt ini adalah orang yang psikopat kalo udah tertarik buat bunuh seseorang, pasti dia bunuh. Dan fakta yang ane bisa dapetin juga dari game ini adalah seorang psikopat itu juga peduli banget sama kehidupan kerabat dekatnya selalu dia ga benci. Nah loh, malah jadi bahas kemana-mana kan. Intinya ane cukup suka dengan cerita yang ditawarkan oleh Rockstar dalam game Manhunt ini.


GAMEPLAY


Ini dia yang ditunggu-tunggu, kita masuk ke bagian gameplay dari game Manhunt. Manhunt merupakan game action stealth yang memiliki gameplay yang linear, artinya game ini bukan openworld seperti GTA ataupun Red Dead Redempttion. Walaupun begitu, ane bilang sih game ini sukses meraih kesuksesan penjualan dengan menawarkan gameplay yang menarik yaitu kombinasi antara kebrutalan dan stealth.
Gameplay dari Manhunt


Sebelum memainkan game ini, kamu akan diberikan pilihan 2 llevel yaitu Fetish (Easy) dan Hardcore (Hard). Kalo ane baru namatin level Fetish, itupun udah sering mati. Perbedaan yang mendasar dari kedua level tersebut adalah radar di gamenya. Jadi kalo Hardcore itu bener-bener ga disediain radar dan cuma ngandelin suara steps dari musuhnya aja. Nah ngomongin masalah radar, kalo kamu milih level Fetish kamu akan ditampilkan sebuah radar yang bisa mendeteksi dimana keberadaan musuh, gimana kondisi musuh tersebut apakah lagi tenang, terganggu akan suara, atau lagi mengejar kamu. Radar ini sangat membantu buat kamu yang baru main game ini.


Pada game ini, kamu akan diberi kebebasan untuk menentukan cara bermain kamu sendiri, boleh dengan cara stealth ataupun bermain secara face to face dengan musuh. Kalo udah dapet senjata api, nanti musuh yang kamu hadapi juga memiliki senjata api yang serupa sehinga gameplay seketika berubah menjadi game shooter. Kalo kamu masih memiliki peralatan melee, ane saranin buat main secara stealth karena musuh-musuh yang kamu hadapi itu kuat dan jumlahnya ga sedikit.

Face to face dengan The Hoods


Seberapa brutalnya game ini sampe-sampe dilarang di berbagai negara? Kita mulai dari eksekusi di awal-awal game. Kamu akan dikasih sebuah plastik kresek dan dengan benda tersebut kamu diharuskan mengeksekusi dengan brutal. Awalnya sih ane ga kebayang sama sekali gimana caranya, tapi begitu kita mencet tombol sesuai perintah langsung deh keluar adegan scene eksekusi yang menurut ane super sadis. Satu senjata bisa melakukan 3 eksekusi yang berbeda, semakin lama kamu mengambil ancang-ancang maka semakin sadis juga eksekusi yang kamu lakukan. Ga cuma di tusuk atau di pukul habis-habisan, kalo kamu dapet senjata golok kamu juga bisa memotong kepala musuh dan kepala tersebut bisa dijadikan sebuah bait

Semakin lama kamu menekan tombol eksekusi, maka semakin siap untuk melakukan eksekusi yang lebih sadis


Untuk melakukan eksekusi, pastinya kamu harus sesering mungkin sembunyi dan menyerang musuh secara tiba-tiba. Di game ini, ada area yang bener-bener gelap sehingga musuh susah untuk melihat kita. Begitu musuhnya meleng langsung bisa di eksekusi dari belakang. Gimana kalo musuhnya ga mau gerak tapi kamu harus lewati jalan tersebut? Kamu bisa memancing musuh itu bergrak dengan cara melempar botol, bata, ataupun kepala yang kamu temukan selama di perjalanan.

Eksekusi menggunakan pemukul baseball


Game ini game mayoritas berisikan tentang pembunuhan  dan eksekusi. Apa game ini termasuk game horror? Ga ada unsur horror sama sekali, tapi ini sih tetep masuk ke kategori horor psikologi. Nuansa yang ditawarkan bener-bener dark dan agak disturbing juga jika dimainkan di malam hari. Ane aja ga berani main game ini malem-malem sendirian, waktu itu minta ditemenin temen kosan kalo mau main game ini malem-malem :-P .


Detail dari setiap tempat yang dilewati itu bener-bener menggambarkan kalo tempat tersebut kumuh, abandoned, dan ada beberapa tempat yang mengerikan juga yang dimana wajar aja di kondisi tempat seperti itu di huni oleh para psikopat. Untuk detail dari masing-masing anggota kelompok psikopatnya juga udah ok, ya walaupun banyak karakter yang sama yang muncul dalam waktu yang sama. Artinya variasi karakter dalam satu stage itu ga banyak dan gitu-gitu aja. Tapi, hal kayak gitu wajar aja sih untuk game yang rilis pada tahun 2003.



Buat kontrolnya, ane sih ngerasanya game ini punya kontrol yang mirip dengan GTA Vice City yang dikombinasikan dengan game The Warriors. Tapi untungnya sih kontrol untuk lock on dan nembaknya ga sesulit GTA Vice City. Kalo untuk masalah stealthnya kayak hiding di tempat gelap, lempar botol, lempar bata, dan eksekusi musuh dari belakang ini mirip banget dengan game The Warriors. Mungkin gameplay dari game The Warriors terinspirasi dengan game ini ya karena seperti yang kita tau kedua game tersebut memiliki publisher yang sama yaitu Rockstar.


Rockstar biasanya dikenal dengan game openworld action yang selalu membuat easter eggs dan collectible item yang seru untuk dicari. Sayangnya, pada game ini kamu ga akan menemukan colectible item dan hanya fokus untuk kabur dari tempat yang ditempati sekarang. Tapi kalo kamu iseng eksplor, kamu akan menemukan easter eggs yang menarik yang berelasi dengan suatu film ataupun seri pada GTA. Untuk easter eggs secara lengkap kamu bisa cek di website Fandom Manhunt disini .


CONCLUSION


Manhunt merupakan game Rockstar yang menceritakan seorang psycho yaitu Jame Earl Cash yang dihukum mati karena terbukti bersalah. Setelah di injek dengan suntik mati, ternyata Cash belum mati dan dimanfaatkan oleh seorang sutradara untuk membuat film terbarunya. Di dalam membuat film tersebut, Cash harus membunuh para psycho untuk bisa kabur dari tempat yang ia tempati sekarang. Game ini memiliki cerita yang cukup unik karena sebelumnya belum pernah ada game yang bertemakan tentang psikopat. Tapi game ini juga memiliki cerita yang dark karena mayoritas konten dari game ini adalah tentang pembunuhan dan eksekusi.


Manhunt merupakan game action stealth yang memilii gameplay yang linear. Game ini memiliki gameplay pembunuhan yang sangat sadis mulai dari memukul-mukuli musuh, menusuk-nusuk, bahkan sampai memotong kepala. Di game ini, kamu akan diberi kebebasan untuk bermain secara face to face atau secara stealth. Untuk kamu yang ga kuat melihat adegan kekerasan dan kebrutalan, mending jangan main game ini karena seperti yang disebutkan sebelumnya mayoritas konten dari game ini adalah pembunuhan dan eksekusi.


Ok, sampe disini dulu pembahasan tentang game Manhunt. Kalo tadi di awal disinggung masalah game yang ga boleh dimainin atau haram untuk dimainkan, Manhunt ini juga termasuk dari salah satu dari itu yang dimana Manhunt dilarang beredar di berbagai neraga terutama di negara Inggris. Bagaimana pendapat kamu? Sesadis apa game Manhunt ini? Yuk share pengalaman kamu di kolom komentar. Dan jangan lupa like & share fanspage Haz' GameZone di facebook dan like ig kita di @hazmanmiller. Sampai bertemu lagi di postingan selanjutnya.