Di postingan sebelumnya ane udah bahas mengenai review game Grand Theft Auto : Liberty City Stories (GTA LCS) di blog ini. Bagi kalian yang mungkin ketinggalan informasi dan belum sempet baca review game tersebut, bisa langsung aja klik Review GTA LCS . Sebelum GTA LCS dan kedua seri dari GTA rilis, ada satu game yang menjadi dasar suksesnya game-game GTA yaitu Grand Theft Auto III (GTA III). Game GTA III ini ga cuma sukses membangun seri game GTA lainnya, tapi ternyata juga menginspirasi banyak game seperti The Godfather, Scarface: The World is Yours, bahkan Watch Dogs juga terinspirasi dari game ini. Bayangin kalo ga ada game GTA, mungkin aja ga ada game openworld yang bebas free roaming dan mungkin aja cuman ada game yang semi openworld kayak Driver ataupun The Gateaway.

Ngomongin masalah game openworld pertama kali, jelas GTA III bukanlah game openworld yang paling tua. Sebenernya, untuk game openworld sendiri udah ada dari tahun 1970an tapi game openworldnya masih ga sekompleks sekarang. api kalo ngomongin game openworld yang revolusioner di abad ke-21, nah jawabannya adalah game GTA III. Itu sih bahas sejarah game ya, buat informasi lebih lengkapnya bisa cek wikipedia dan bisa juga cek gamepedia. Yuk langsung aja deh ane review game legendaris yang satu ini.

STORY

Cerita dimulai ketika Claude Speed beserta partnernya yaitu Miguel dan Catalina merampok sebuah bank di Liberty City. Setelah mereka berhasil, Catalina mengkhianati Claude dan tak lama dari kejadian tersebut polisi menangkap Claude karena terbukti bersalah. Claude beserta tahanan lainnya dibawa menggunakan sebuah mobil tahanan yang kebetulan didalam mobil tersebut terdapat petinggi dari kelompok Cartel. Mobil tersebut hancur di sebuah jembatan dan petinggi kelompok Cartel berhasil diamankan oleh anggota-anggotanya. Memanfaatkan kesempatan itu, Claude dan 8-Ball melarikan diri dan langsung mengganti pakaian mereka dengan pakaian sehari-hari.

Karena Claude sudah berjasa dalam membawa 8-Ball pergi dari jembatan yang dimana mobil tahanan hancur, maka 8-Ball mengenalkan Claude kepada Luigi Gotereli. Luigi merupakan pemilik klub malam yang berada di Red Light District yang dimana klub tersebut dikuasai oleh Keluarga Leone. Luigi cukup banyak memberikan tugas kepada Claude, salah satunya adalah mengantarkan Misty ke bengkel milik Joey. Joey merupakan anak kandung dari Salvatore Leone, pemimpin dari Keluarga Leone yang berkuasa di Liberty City pada  masa itu. Joey mengenalkan Claude kepada Capo dari Keluarga Leone yaitu Toni Cipriani (karakter utama GTA Liberty City Stories). Claude selalu menjalankan semua tugas yang diberikan oleh Joey, oleh karena itu Joey lansung mengenalkan Claude langsung kepada pemimpin dari Keluarga Leone yaitu ayahnya sendiri. Di mansion Keluarga Leone, Claude juga bertemu dengan istri pilihan Salvatore yaitu Maria.

Claude bertemu dengan Joey untuk pertama kalinya
 
Claude menjalankan semua perintah Salvatore Leone dengan harapan dia memiliki relasi yang kuat sehingga lebih mudah untuk menemukan Catalina dan Miguel. Salvatore sangat kuat instingnya untuk menemukan orang yang suka membocorkan rahasia tentang keluarganya. Claude diperintahkan untuk mengikuti bartender yang diduga menjual informasi penting tentang Keluarga Leone kepada Keluarga Cartel. Dan ternyata benar, informasi tersebut benar dijual kepada Cartel dan Claude kaget ketika melihat Catalina dan Miguel sekarang menduduki jabatan nomor 1 dari Keluarga Cartel. Claude berhasil membunuh bartender tersebut, tetapi Miguel dan Catalina berhasil kabur. Dengan bantuan 8-Ball, Claude berhasil meledakan kapal yang berisikan drugs milik Cartel yang bertujuan untuk melemahkannya.

Claude (kiri) bersama Toni Cipriani (tengah) bertemu dengan Salvatore Leone (kanan)
 
Salvatore mulai mempercayai Claude. Ia memberikan tugas terakhir kepada Claude yaitu harus membawa mobil yang didalamnya berisikan bukti-bukti tentang pembunuhan. Sebelum  memasuki mobil, Maria mengontak Claude lewat media pager (dibaca : pejer) memberitahukan bahwa mobil itu dipenuhi bom dan itu semua hanya jebakan. Claude juga diminta untuk bertemu dengan Maria, setelah itu Claude dikenalkan kepada anggota Yakuza yaitu Asuka Kasen dan langsung berpindah ke wilayah kota sebrang yaitu Shaunton Island.

Asuka harus membuktikan bahwa ia bersedia bekerja dengan Yakuza dengan syarat harus memutuskan hubungan dengan Keluarga Leone. Ketika Salvatore baru saja meninggalkan klub milik Luigi, Claude langsung membunuhnya. Karena hal tersebut, Claude menjadi orang yang sangat dibenci di Keluarga Leone. Karena berhasil membunuh Salvatore Leone, Asuka mengenalkan Claude kepada Kenji Kasen yaitu pemimpin Yakuza (kakak kandung dari Asuka juga) dan polisi korup yaitu Ray Machowski. Claude membantu keduanya baik Yakuza maupun Ray untuk menyelesaikan semua masalah-masalah mereka.

Kemudian Ray memperkenalkan Claude kepada Donald Love, pemilik Love Media dan Chatterbox FM. Claude diharuskan membunuh ketua kelompok Yakuza yaitu Kenji dengan menggunakan mobil dari kelompok Cartel. Hal ini dilakukan demi memanfaatkan keadaan yang keadaan tersebut bisa dijadikan kesempatan bisnis bagi Donald Love. Akhirnya Claude berhasil membunuh Kenji dan juga berhasil melarikan diri menggunakan mobil Cartel. Donald Love meminta Claude untuk mengambil sebuah paket di bandara. Tetapi, Claude kalah cepat sehingga paket tersebut sudah ditangan keluarga Cartel. Mobil yang digunakan oleh kelompok Cartel adalah mobil konstruksi, dengan cepat Claude pergi ke kontruksi tersebut. Claude bertemu dengan Catalina dan Miguel, tetapi Catalina justru menembak parnetnya sendiri dan kabur. Tak lama kemudian, Asuka datang dan menyandra Miguel. Asuka mengira bahwa kelompok Miguel lah yang sudah membunuh saudaranya. 

Claude kembali ke tempat kediaman Donald Love, tetapi dia menghilang. Claude akhirnya pergi ke tempat kontruksi dimana dia bertemu dengan Miguel dan Asuka. Alangkah mencengangkannya Miguel dan Asuka sudah terbunuh. Claude juga menerima pesan tulisan dari Catalina yang berisi bahwa ia menyandra Maria dan harus membawa uang tebusan $500,000. Dengan cepat Claude pergi ke mansion kelompok Cartel, tetapi Claude ternyata di jebak dan hampir saja ditembak mati oleh kelompok pengedar narkoba tersebut. Catalina berhasil kabur menggunakan helikopter. Claude membunuh semua anggota kelompok Cartel dan pergi mengejar Catalina. Dengan cepat, Claude langsung menembak helikopter tersebut sampai meledak. Catalina berhasil dikalahkan dan Claude berhasil membalas dendam.

Ok, untuk masalah story sih memang agak bingung karena dari karakter utamanya sendiri ga ngomong sama sekali. Conservation dari game ini juga dibilang singkat, saking singkatnya kadang ya kita ga bisa menyimpulkan langsung misi apa sih yang dilakuin dan buat apa misi tersebut dilakuin? Ane baru bisa menyimpulkan cerita dari game ini ketika mulai game ini untuk kedua kalinya sambil baca-baca informasi dari Fandom. Dari story game GTA III ini, yang ane demen adalah karakter utamanya yang melakukan segala sesuatu tanpa basa basi, tanpa banyak omong (karena ga bisa ngomong), dan bener-bener ngelakuin semuanya semata-mata mencari informasi keberadaan Catalina buat balas dendam. Dan di game ini juga ada bagian yang ga ketebak sih dimana pas Claude bunuh Kenji, ketika Claude ketemu Asuka dikira Asuka bakal menghajar Claude tapi justru malah menginterogasi Miguel. Ok, secara keseluruhan ane demen sama cerita ini game walaupunbelum bisa dibawakan dengan cara sempurna. But, good job buat Rockstar.

GAMEPLAY

GTA III merupakan game 3D openworld yang pertama kali bisa free roaming ke beberapa wilayah kota menggunakan kendaraan ataupun dengan cara berjalan kaki. Kalian bisa melakukan banyak hal di game ini secara bebas, mulai dari eksplorasi tempat menggunakan mobil, menjelah lautan Liberty City menggunakan perahu, membuat rusuh di kota dengan cara menabrak-nabrakan kendaraan, membunuh semua pejalan kaki menggunakan tangan kosong ataupun senjata, dan masih banyak lagi.

Gameplay ketika berjalan mengelilingi kota

Kita bahas mulai dari kontrol ya. Kontrol di game ini udah mulai berbeda dengan GTA pada seri sebelumnya. Kalo di seri GTA di PS1, untuk menjalankan karakter kamu harus selalu menekan tombol X yang artinya mengendalikan karakter sama halnya dengan mengendalikan kendaraan. Di game ini beneran udah beda. Kontrol pada saat berjalan dibuat senyaman mungkin dan mengikuti kontrol game-game lainnya. Jadi, mulai dari GTA III ini untuk menggerakan karakternya cukup menggunakan analog kiri aja. Untuk kontrol pada saat berjalan, kamu bisa melakukan beberapa kegiatan seperti berjalan, berlari, melompat, memukul atau menggunakan senjata, mengeker musuh, memutar kamera secara first person memasuki mobil, dan mengganti senjata yang dimiliki. Walaupun udah dibuat semudah mungkin, game ini tetep ane akuin sih memiliki kontrol yang susah apalgi kalo belum biasa main game ini. Kamu ga akan bisa berjalan sambil mengatur kamera yang pas, kamera akan terus bergerak secara otomatis nyesuaiin sama pandangan karakter tapi itu yang justru membuat para pemain kesusahan. Belum lagi masalah aimin yang bener-bener camera lock yang pastinya bakalan susah banget buat ngeliat musuh lain yang lagi nembakin kamu. Untungnya, ada beberapa senjata yang bisa free aiming yaitu M4 dan Sniper Rifle sehingga kamu bisa lebih mudah untuk menembak.


Gameplay ketika menembak menggunakan senjata biasa

Gameplay ketika menembak menggunakan Sniper Rifle


Lanjut ke masalah sistem driving-nya. Kamu harus hati-hati banget kalo lagi bawa kendaraan di game ini. Kenapa? Karena game ini punya sistem driving yang bener-bener susah. Apalagi kalo udah ngebut, itu bakalan susah banget handling mobil yang kamu lagi bawa. Akhirnya kamu malah jadi sering nabrak yang bikin mobil kamu rusak. Nah, di game ini mobil itu gampang banget meledak, nyenggol sedikit aja bisa berasep apalagi sering-sering nabrak. Pasti bikin kamu sering gonta ganti mobil kalo ga hati-hati dalam berkendara. Oh ya, kendaraan ini ga cuma ada mobil doang tapi ada juga perahu dan pesawat. Buat perahu sih udah ok buat masalah driving-nya, tapi kalo buat pesawat masih ada yang ane bingungin sih sampe sekarang. Kenapa gitu di buat ada pesawat, tapi pesawatnya cuma bisa dijalanin kayak pake mobil aja gitu? Malahnya jadi lucu aja ada pesawat tapi ga bisa terbang. 


Gameplay ketika driving

Elemen-elemen klasik seri GTA ada sebagian yang hadir pada game GTA III ini, misalnya adalah bisa mukul orang, nembak pake senjata api, dan bisa nanem bom di mobil dan bisa diledakkan menggunakan remot. Pay n Spray juga hadir lagi dalam game ini, yaitu fitur yang dimana kamu bisa memasuki tempat cat mobil untuk mengecat ulang dan mengganti engine yang udah rusak. Oh ya, yang paling keren sih adalah fitur Contract Killer yang dimana kamu akan dihubungi oleh seseorang lewat telepon umum dan kamu akan dikasih misi yang punya bayaran lumayan. Kamera di game GTA III ini memang udah 3D, tapi kalo kamu kangen dengan tampilan GTA dari atas di game GTA III juga menyediakan fitur tersebut. Mungkin untuk pemain veteran akan lebih mudah menyelesaikan permainan menggunakan model kamera seperti itu, tapi ane saranin buat pemula mending pake kamera yang normal aja. Dan elemen menjengkelkan yang satu ini masih tetap ada di game ini yaitu karakter utama yang tidak bisa berenang. Jangankan berenang, kesenggol air aja udah langsung ngurangin darah. Bener-bener bikin kesel, apalagi ga sengaja ngerem mendadak terus malah nyebur ke air.

Menanam bom didalam mobil di toko milik 8-Ball


Gameplay GTA III menggunakan kamera dari atas

Kalo dulu di GTA PS1 ada yang namanya side missions berupa kill frenzy, nah di GTA III ini juga masih ada yang disebut dengan rampages. Sama persis kayak kill frenzy, kamu harus membunuh sejumlah orang dalam waktu yang singkat. Side missions lainnya yang menarik dari game GTA III ini adalah misi Paramedic, Firefighter, Vigilante, Taxi, dan TOYZ. Masing-masing misi juga ga sia-sia kalo kamu berhasil menyelesaikannya, buat reward ketika kamu berhasil nyelesaiin masing-masing misi yang ane sebutin diatas bisa diliat di website milik IGN.

CONCLUSION

GTA III merupakan game 3D openworld yang bisa free roaming pertama kali didunia. GTA III menceritakan seorang pemuda berdarah dingin yaitu Claude Speed yang ingin membalas dendam karena dikhianati oleh partnernya sendiri yaitu Miguel dan Catalina. Segala cara dilakukan oleh Claude untuk mendapatkan informasi keberadaan Miguel dan Catalina, mulai dari kerjasama dengan Keluarga Leone, kerjasama dengan Yakuza, kerjasama dengan polisi korup, dan kerjasama dengan pembisnis kelas kakap. Untuk game GTA III ini bukan game GTA favorit ane, tapi ane sangat merekomendasikan game ini khususnya buat kamu pecinta game openworld. Banyak kekurangan dari game ini, apalagi dari segi fitur. Tapi itu semua ane maklumin karena ini game keluaran tahun 2001 dan merupakan game percobaan Rockstar untuk membangun franchise yang lebih baik lagi. Oh ya, akan lebih mudah main game ini ketika kamu mainin versi PC ataupun android nya karena di game itu udah bisa yang namanya free aim sehingga ga ada masalah lagi tuh pas lagi mau menembak sesuatu.

Ok, sampai disini pembahasan tentang GTA III. Gimana pendapat kamu tentang game openworld yang revolusioner ini? Udah pernah tamat? Atau bahkan kamu pecinta berat seri ini? Yuk share pengalaman kamu di kolom komentar ya. Sampai jumpa di postingan selanjutnya.