"Everything is connected", kata-kata tersebut yang menyebabkan game Watch Dogs hype dan sangat ditunggu-tunggu oleh para pemain video games. Dengan grafis yang bagus dan konsep yang menarik, semakin banyak orang yang ga sabar untuk memainkan game ini. Tapi, apakah game ini sesuai dengan ekspetasi para pemain games? Yuk langsung aja kita bahas di postingan kali ini.

STORY

Game Watch Dogs memiliki setting waktu tahun 2012-2013 yang bertempat di Chigago, yang dimana semua alat elektronik sudah benar-benar terhubung dengan koneksi internet. Tidak hanya alat elektronik yang digunakan untuk kepentingan pribadi saja, perlatan umum seperti forklift, alat pengontrol tekanan pipa, ATM, semuanya sudah menggunakan ctOS dan terhubung dengan internet. Ini merupakan kesempatan besar untuk memanfaatkan kemajuan teknologi, khususnya untuk para hacker.

Kisah dari game ini dimulai ketika Aiden Pearce dibantu dengan Damien Brenks melakukan hack untuk mendapatkan uang. Aksi dari mereka berdua ketahuan, akhirnya Aiden memutuskan untuk pergi dari tempat tersebut. Ketika ia sedang menghabiskan waktu bersama keponakannya, tiba-tiba ada pembunuh bayaran yang menembakki mobil Aiden sehingga mobil tersebut hilang kendali. Karena kecelakaan tersebut, keponakan dari Aiden yaitu Lena Pearce menghembuskan nafas terakhirnya. 

Dengan kemampuan hacking-nya, Aiden mencari tahu siapakah dalang dari penyerangan mobil yang ia kendarai sehingga sampai merebut nyawa keponakannya. Tentu saja untuk melakukan ini dia tidak sendirian. Ia dibantu oleh beberapa partnernya yaitu BadBoy_17, Jordi, dan sang legendaris hacker. Singkat cerita, Aiden mulai menemukan clue berupa jaringan-jaringan tentang siapa yang menyerang mobilnya tersebut. Dia bertemu dengan beberapa orang jahat dan mulai mengidentifikasi satu per satu. Tapi sayangnya itu semua tidak berjalan dengan mulus. Damien juga mendapatkan musibah yang serupa dengan Aiden. Ia kehilangan segala yang dipunya dan dipaksa untuk mendapatkan data yang tidak mungkin didapatkan oleh dia sendiri. Permintaan Damien ini yang menyebabkan Aiden tidak fokus kepada tujuan utamanya, bahkan sampai-sampai Damien menculik saudari dari Aiden yaitu Nicole Pearce. Dengan bantuan  teman-teman dari Aiden dan kecakapan Aiden dalam menganalisa, akhirnya ia berhasil menyelamatkan saudarinya dan berhasil pula menemukan biang kerok dari penyerangan mobilnya di dalam suatu terowongan menuju Pawnee. Dengan begitu, semua keluarga Pearce sekarang aman tinggal di Chicago.

Scene dimana Aiden menginterogasi Maurice
Melihat potongan cerita diatas, mungkin bisa dibilang game ini memiliki alur cerita yang seru. Tapi sejujurnya, menurut penilaian ane sih ceritanya biasa aja. Ga ada gitu yang membuat game ini berkesan menurut ane. Walaupun pengemasan karakternya udah baik, tapi tetep game ini ga berhasil buat para pemainnya mengenang game ini sepanjang masa. Jujur, ane main ini tahun akhir 2016. Karena tahun lalu ane buka rental, akhirnya ane sediain game ini di rental. Di tahun 2018 ada bocah yang namatin game ini, dan ya bener-bener ga banyak yang ane inget dari game ini mulai dari alur cerita, tokoh, bahkan gameplaynya aja ane agak-agak lupa.

GAMEPLAY

Ok sekarang kita bahas di gameplaynya. Watch Dogs merupakan game sandbox openworld, artinya kamu harus melakukan misi atau sesuatu dulu biar bisa akses ke kota lain. Sebenarnya bisa sih langsung terobos ke kota lain yang masih akses internetnya ke lock, tapi itu semua ya menurut ane cari mati karena ya bener-bener ga bisa ngapa - ngapain kalo terjadi apa - apa. Karena pada game ini smartphone adalah segalanya.

Game ini ane akuin punya konsep yang keren, apalagi untuk masalah hackingnya. Kamu bisa mengambil uang rekening orang lain, melakukan hack kamera ala-ala game Republique, mengaktifkan tiang penghalang, membuat lubang di jalan raya, mengacaukan lampu lalu lintas, mengganggu komunikasi musuh, bahkan bisa meledakkan sesuatu hanya dengan mengunakan ponsel pintar. Selain untuk melakukan aksi kejahatan, smartphone juga bisa mengetahui potensial kejahatan dan juga untuk menolong orang dengan cara menyadap telepon atau pesan singkat. Detail pada game ini juga ane suka banget, contohnya adalah orang-orang di sekitar yang memiliki muka ga sama dengan profil yang berbeda-beda dan kendaraan yang bervariasi yang melintasi jalanan. Kadang kamu juga bisa menemukan jokes dalam suatu profil orang lain yang kamu pindai. Ini sih keren banget untuk masalah NPC-nya. Oh ya, kamu juga bisa belanja kendaraan dari uang yang udah kamu dapet dan mobil tersebut bisa dipesan untuk di spawn di deket tempat kamu berada (jadi keingetan game Scarface: The World is Yours di PS2, hehe). Dan ada satu hal yang ane demen juga adalah di game ini bisa melakukan parkour, ya walaupun ga sebagus game Assassin's Creed.

Tampilan ketika melakukan hack kamera. Disini juga terlihat profil dari orang-orang sekitar
Pada saat melaksanakan misi, ada dua opsi yang bisa kamu pilih yaitu bermain secara brutal atau stealth. Kalo ane sih lebih milih gaya bermain stealth karena menurut ane ada rasa kepuasan tersendiri bisa melakukan takedown ke semua musuh tanpa ketahuan. Agar aksi mengendap-ngendapnya berhasil, di game ini bisa melakukan crafting dari bahan-bahan yang didapatkan untuk membuat sesuatu yang bersifat distraksi musuh. Kalo kamu tipe - tipe orang yang suka main ngerambo, ga usah perlu khawatir karena stock untuk peluru pada game ini banyak banget sehingga kamu ga akan ketakutan untuk kehabisan peluru. Di game ini juga ada fitur slow motion untuk menembak sehingga tembakkan kamu lebih akurat untuk mengenai sasaran.

Melakukan stealth attack
Musuh yang kamu hadapin akan semakin kuat setiap memainkan misi baru. Hal yang kamu harus lakukan adalah melakukan upgrade. Semakin kamu sering melakukan upgrade, maka semakin banyak juga yang bisa kamu lakukan seperti variasi crafting barang makin banyak, semakin banyak akses barang elektronik sehingga untuk kabur atau takedown musuh lebih mudah, memperlama durasi menembak secara slow motion, dan masih banyak lagi upgrade yang sangat berguna.
Contoh tampilan upgrade skill pada game Watch Dogs

Dimana sih letak kekecewaan pada game ini? Sebenernya di gameplaynya juga terdapat banyak kecacatan. Kalo tadi ane udah bahas bagian positif dari game ini, sekarang ane pengen nunjukkin sesuatu yang ane ga suka dari game ini. Sebelum bahas kekurangan gameplay dari game ini, pertama kali ane pengen bahas pas lagi install game ini. Petama kali ane main game ini di PS3. Waktu itu belum di update langsung ane coba mainin, pas awal-awal main ketemu Maurice tiba-tiba itu game nge-blank. Akhirnya ane coba update dan hasilnya tetep sama. Terus coba di hapus data dan install ulang baru bisa. Ini ga tau ya kesalahan dari gamenya atau emang PS ane yang error. Yang jelas, kalo nyoba game lainnya bisa berjalan dengan baik.

Selanjutnya yang ane ga suka dari game ini adalah sistem driving yang bener-bener aneh dan ga ada menarik-menariknya. Kendaraan yang dikendari seakan-akan punya pengaruh gravitasi yang tinggi, bener-bener pengennya nempel terus sama tanah. Walaupun ada stunt jump juga bener-bener ga asik buat dinikmati lompatan tersebut. Oh ya kalo ngomongin masalah driving, di game ini bener-bener ga bisa tuh yang namanya nembak dari dalem mobil. Tapi untungnya banyak cara untuk mencelakakan musuh ketika mengendarai kendaraan yaitu dengan cara hacking.

Tadi udah bahas masalah driving system yang bener-bener ga asik, sekarang kita beralih ke kontrol si Aiden Pearce ketika diluar kendaraan. Pada game ini sang karakter utama ga bisa tuh yang namanya nyelem pas berenang, untungnya masih bisa berenang. Kalo misalnya ga bisa berenang sama sekali, wah udah keterlaluan game ini. Gerakan dari karakter utama ini juga kaku bener sehingga ga cocok gitu dengan game keluaran tahun 2014 (padahal katanya udah ngabisin waktu 5 tahun untuk membangun proyek ini, tapi hasilnya udah kayak projek yang cuma dikerjain 1 tahun secara ga serius. 

Sebenernya, kalo kamu lagi gabut main game ini ada banyak banget game virtual reality (VR) yang ditawarkan pada game ini. Tapi, itu semua menurut ane ga menarik dan cuma buang-buang waktu aja. Dari game VR yang kamu mainin, ya kamu ga dapet apa-apa. Jadi cuma ya keliling-keliling ga jelas didunia virtual kayak orang autis aja.


Salah satu game VR yang ada di menu game Watch Dogs
CONCLUSION

Gameplay banyak cacatnya, grafik downgrade abis-abisan, cerita biasa aja, gimana ga kesel coba sama game ini? Tapi ada sesuatu yang paling ane demen dari game ini yaitu karakter utama dari game ini. Aiden Pearce, walaupun bukan main character yang the best ya, ane tetep suka aja sama pembawaan karakternya. Bukan karena si Aiden jago soal nembak menembak, stealth, ataupun cara dia hacking, tapi ane demennya adalah cara dia menganalisa sesuatu untuk mendapatkan suatu informasi. Kalo kamu ga ada niatan buat main game Watch Dogs 2, saran ane sih ga usah main game ini karena ya ane sendiri bener-bener kecewa sama game ini.

Ok sekian pembahasan ane tentang game Watch Dogs. Gimana menurut kalian, tanggapan kalian mengenai game yang satu ini? Share komen kalian di kolom komentar ya. Sampai jumpa di postingan selanutnya.