Kembali lagi bersama The Haz dalam postingan Haz Review. Kali ini ane mau bahas game cinematic yang eksklusif untuk platform PS3 dan PS4 yaitu Heavy Rain. Tapi, ada kabar bahwa game ini tidak akan menjadi eksklusif lagi karena Quantic Dream akan berencana merilis game ini beserta dua game lainnya yaitu Beyond : Two Souls & Detroit : Become Human di platform PC yang lebih tepatnya akan dijual di Epic Store. Nah buat kamu yang belom pernah nyoba main Heavy Rain dan penasaran gamenya kayak gimana, yuk langsung aja kita simak postingan review game Heavy Rain.

STORY

Heavy Rain menceritakan tentang kehidupan seorang ayah bernama Ethan Mars yang hidupnya aman, tentram, dan tinggal bersama istrinya dan kedua anaknya yaitu Jason dan Shaun disebuah rumah yang diidam-idamkan. Tapi semua ketentraman itu berubah semenjak Jason mengalami kecelakaan di sebuah jalan raya di depan mall. Kecelakaan tersebut mengakibatkan Jason meninggal dunia. Masalah tidak berhenti sampai disini. Setelah kejadian tersebut, justru Ethan sering mengalami Blackout yang mengakibatkan ia tak sadarkan diri apa yang telah ia lakukan. Karena blackout tersebut, ia kehilangan anak ke-2nya yaitu Shaun. Dan dari blackout itu juga, Ethan mendapatkan petunjuk untuk mencari keberadaan Shaun. Diduga penculikkan ini didalangi oleh The Origami Killer.

Ethan ketika ingin menyelamatkan Jason

Kasus ini tidak diselesaikan oleh Ethan secara pribadi. Ada seorang detektif private yang juga menangani kasus The Origami Killer. Detektif tersebut bernama Scott Shelby. Ia mencari informasi tentang The Origami Killer melalui informasi-informasi dari orang tua korban dan juga melakukan interogasi terhadap orang-orang yang memiliki potensi bergabung dengan The Origami Killer. Selain itu, ada juga Norman Jayden yaitu seorang agen FBI yang menganalisis kasus The Origami Killer dengan cara terjun ke beberapa TKP dibantu dengan kacamata super canggih yang bernama ARI (Added Reality Interface). Kemudian ada juga seorang jurnalis yang tidak sengaja bertemu dengan Ethan yang nantinya justru membantu menyelesaikan kasus ini, jurnalis tersebut bernama Madison Paige. 

Madison ketika ingin membantu Ethan menyelesaikan permasalahan yang ia derita
Sayangnya Ethan tidak menceritakan ini kepada pihak kepolisian secara detail dan lebih memilih mencari Shaun dengan caranya sendiri. Ethan mendapatkan petunjuk melalui origami-origami yang ia temui. Didalam origami tersebut terdapat tantangan-tantangan yang berat yang harus dilewati Ethan. Dengan melewati semua tantangan tersebut, Ethan berharap bisa menyelamatkan Shaun sesegera mungkin.

Story pada game ini ane akuin keren dan bagus banget. Jujur sih, pas awal-awal story atau di bagian Introduction itu bikin boring banget. Tapi setelah scene dimana Jason meninggal, disitulah keseruan game ini dimulai. Alur cerita pada game ini menurut ane terlalu mind-blowing. Bakal ada beberapa kejadian yang dimana kamu ga bisa prediksi kejadiannya bakal begitu. Scene-scene pada game ini dibuat serius sehingga feel-nya tuh bener-bener dapet. Contohnya scene ketika lagi berantem, rasa ngeri buat terkena pukul senjata itu ada. Ane aja main sampe beberapa kali kaget karena salah mencet tombol, hehe.

GAMEPLAY

Langsung kita bahas ke gameplaynya. Gameplay pada game ini ya seperti game cinematic pada umumnya. Kamu akan mengeksplorasi suatu tempat, berkomunikasi dengan orang lain untuk mendapatkan informasi. Setelah informasi-informasi itu didapat, kamu bisa lanjut ke scene selanjutnya dan biasanya kamu bisa gunakan info tersebut sewaktu-waktu kalo dibutuhkan.

Yang ane demen dari game ini adalah setiap karakter punya cara pemecahan kasusnya sendiri-sendiri. Untuk mencari Shaun, Ethan dengan mengikuti setiap perintah yang ada di kertas origami untuk mendapatkan petunjuk berupa SD card yang bisa diputar di sebuah ponsel yang sudah disediakan. Untuk mencari dalang dari The Origami Killer, Shelby dengan cara menginterogasi dan mendatangi orang tua dari para korban seperti yang ane udah jelasin tadi. Ga cuma Shelby aja yang menulusuri kasus The Origami Killer, ada Jayden dengan intelektual dan analisis data melalui ARI dan Madison yang selalu membuntuti Ethan, mencari tahu identitas tempat yang Ethan datangi, bahkan sampai rela menjadi strippers demi mendapatkan informasi. Awalnya sih bakal bingung banget relasinya antar cerita keempat orang tersebut itu apa sih, tapi kalo kamu terus mainin sampe tuntas baru menemukan serunya melihat cerita dari empat sudut pandang.

Jayden menggunakan ARI untuk penyeledikan kasus The Origami Killer

Pada game ini, pilihan kamu akan menentukan nasib karaktermu yang kamu gunakan. Jadi kamu harus bener-bener mateng untuk memilih opsi yang disediakan. Kalo dampaknya kecil sih ga papa dan ga akan berpengaruh banyak, tapi kalo udah fatal ya bakalan ribet untuk mengatasi masalah tersebut. Pada setiap scene selalu ada objective yang kamu harus lakukan dan selesaikan. Lupa dengan tugas yang harus dikerjakan? Kamu bisa menekan tombol L2 untuk mengingat kegitan apa yang kamu harus lakukan.

Ada beberapa opsi ketika ingin menanyakan sesuatu

Di game ini juga kamu akan disuguhkan dengan interactive scene movie yang dimana kamu harus menekan tombol-tombol yang muncul pada saat scene. Misalnya pada saat scene melawan seseorang, nanti akan muncul perintah untuk menekan tombol X, O, Kotak, Segitiga, dan seterusnya dan kamu harus menekannya dengan tepat. Kalo kamu sering salah mencet tombol, nantinya akan menghasilkan scene yang berbeda dengan yang semestinya. Nah ini menurut ane sih menarik banget karena pemain game akan terus disuruh fokus sama gamenya.

Untuk mimik wajah dari setiap karakter sih bisa dibilang udah bagus untuk ukuran game yang rilis pada tahun 2010. Untuk gerakannya karakter pada saat scene juga udah ok, mungkin agak kaku pas lagi gameplay tapi tetep ga membuat game ini jelek. Grafik juga udah bagus pada masanya sehingga untuk memainkan game ini di jaman sekarang masih worth kok.

Kekurangan dari game ini adalah pada saat kamu lagi beriteraksi dengan suatu barang atau lagi ngobrol sama orang di suasana yang rame ada aja NPC yang dengan santainya jalan nembus karakter kita. Jadinya aneh dan ga realistik aja. Dan untuk masalah kontrol yang ane agak kesel itu ketika lagi jalan terus mau ke suatu objek yang kita mau itu agak susah dan kadang ane musti muter berkali-kali supaya bisa ngepas berhadapan dengan objek yang kita mau teliti. Ada juga command yang ane paling ga demen adalah kita kita harus muter analog kanan 1/4 puteran. Sering banget tuh salah pencet gara-gara command yang satu ini, entah itu karena kurang responsif dari gamenya atau ane sendiri yang ga bisa buat muter analog kayak begitu.

Oh ya, game ini juga menggunakan sistem locked camera yang dimana camera itu ga bisa di puter-puter sesuka hati kita, tapi cuma bisa diganti sudut pandangnya. Seandainya game ini bisa muter kamera 360 derajat dengan menggunakan analog kanan, pastinya bakal bagus banget ini game. Tapi ane baru inget adalah game ini untuk melakukan suatu perintah biasanya pake analog kanan. Jadi mungkin itu alesannya kenapa tim developer menggunakan sistem locked camera pada game ini karena memang analog kanannya udah difungsikan ke hal lain.

BONUS CONTENT

Sebelum menutup postingan kali ini, ada sedikit tambahan mengenai bonus pada game ini. Jika kamu berhasil membuat suatu scene baru, maka bonus akan terbuka. Oh ya, kebetulan ane belinya kan versi Director's Cut jadi dapet banyak banget konten tambahan. Kamu akan dapet 3 tema dinamis official Heavy Rain, OST dari game Heavy Rain, The Making of Heavy Rain Games, dan juga kamu akan dapet DLC cerita tambahan. Itu semua kamu bisa dapatkan secara gratis tanpa harus masukin kode DLC lagi karena semua kontennya udah ada di dalam gamenya. Tapi, bisa juga kamu download konten-konten tersebut supaya bisa kamu nikmati kapanpun tanpa harus memasukkan BD Heavy Rain ini. Untuk DLC cerita tambahan mungkin ane bakal post di artikel yang berbeda.

Salah satu tema dinamis Heavy Rain
CONCLUSION

Sekian pembahasan game Heavy Rain  kali ini. Intinya, kalo kamu tipe orang yang suka dengan film detektif ini bener-bener sangat direkomendasikan untuk kamu karena memiki story yang kuat. Untuk gameplay sendiri ga banyak yang bisa kamu lakukan dan harus banget ngikutin story terus. Memang untuk nilai jual dari game ini bukan pada gameplaynya melainkan pada storynya. Untuk grafis masih terbilang bagus dan masih sangat enak dipandang mata untuk dijaman sekarang. Sampai lagi bertemu di postingan selanjutnya ya.