Cover Ninja Gaiden Sigma 2

Sekian lama ane ga update, akhirnya kesampeyan juga buat bikin artikel. Karena fanspage ini bakalan lebih fokus mereview game jadul tetapi bukan game yang terlalu jadul (game-game PS2 & PS3), pastinya butuh tulisan yang cukup banyak. Jadi, mulai kali ini ane bakal update tulisan-tulisan ane di blog ini ya.

Ninja Gaiden Sigma 2 merupakan game adventure hack n slash yang bertemakan ninja melawan iblis. Karena tema dari game ini melawan iblis, ane ngerasain kayak main game Devil May Cry. Dan ada beberapa bagian yang ane rasa familiar dan mirip dengan game lain, contohnya pas lagi lawan patung budha ane jadi keingetan sama  game God of War II dan pas lagi lawan iblis biru dan merah ane jadi keingetan lawan Agni & Rudra di Devil May Cry 3. Mungkin Cuma perasaan ane aja ya yang nganggep semuanya itu mirip karena pas ane baca-baca development game ini ga ada data yang menyatakan kalo ini semua terispirasi dari game-game yang ane sebutin tadi.

Ending & Credits dari Ninja Gaiden Sigma 2

STORY

Kita masuk ke pembahasan story. Pada awal story, Sonia selaku CIA mencari informasi tentang Ryu Hayabusha. Kemudian, insiden penyerangan terjadi, Sonia diculik oleh klan Spider dan Ryu datang pada waktu yang kurang tepat. Setelah Ryu berhasil menyelematkannya, masalah yang lebih besar muncul yaitu terdapat iblis yang ingin membangkitkan iblis yang agung yaitu Archfiend. Dengan sigap, Ryu sesegera mungkin mencegah bangkitnya Archfiend dan menyelamatkan dunia dari serangan para iblis.

Dari potongan story diatas, story pada game ini bener-bener gampang ketebak dan ga ada plotwist seperti halnya pada game Ninja Gaiden Sigma. Karakter yang antagonis dari awal cerita sampe akhir cerita ya bakal terus jadi antagonis, begitu juga karakter-karakter protagonisnya. Kecuali Genshin yang nantinya bakal ngasih pedangnya ke Ryu yang secara ga langsung ia membantu Ryu untuk mengalahkan Archfiend. Ya jujur aja, dari segi story ane cukup kecewa aja karena ga ada sesuatu yang wah yang bikin penasaran. Walaupun agak mengecewakan, tapi story di game ini masih tetep seru sih untuk diikuti dari awal sampe akhir.

GAMEPLAY

Lanjut ke bagian gameplay. Untuk kombat pada game ini bisa dibilang lebih bagus dan lebih mudah untuk dimainkan untuk pemula, pokoknya lebih bagus daripada seri sebelumnya. Ditambah lagi, kalian bisa mengganti senjata, mengganti ninpo, mengganti senjata tembak, dan menggunakan item tanpa harus menekan tombol start sehingga jika ingin mengganti senjata tidak seribet pada seri sebelumnya.

Gimana untuk difficultynya? Apakah masih susah seperti halnya Ninja Gaiden Sigma? Jawabannya adalah tidak. Untuk difficulty normal, game ini bener-bener mengalami penurunan drastis saking drastisnya ini game jadi terlampau mudah (sombong dikit boleh kali, hehe). Tapi serius, untuk pemain game Ninja Gaiden Sigma pas main Ninja Gaiden Sigma 2 jadi ga ada tantangannya sama sekali. Apalagi di game ini setiap kali berhasil mengalahkan semua musuh, pasti darah kamu akan bertambah walaupun ga sampe full. Dan pas ketemu savepoint, langsung deh darahnya penuh lagi. Jadi ga ada tantangannya banget deh pokoknya dan ga perlu atur strategi permainan untuk bisa menamatkan game ini. Tapi karena diberlakukan sistem kayak begini, item yang bisa di carry sangat terbatas yaitu 3 items untuk Herb, Grains, & Devil Way dan 1 item untuk Talisman Rebirth.

Gameplay Ninja Gaiden Sigma 2
Yang agak kesel dari gameplay ini adalah upgrade senjata yang cuma-cuma. Kenapa gitu harus gratis? Dan maksimal upgrade cuma sampe level 3 untuk setiap senjata, kecuali Dragon Sword karena ada item khusus yang membuat senjata tersebut bisa sampe level 4. Gara-gara adanya sistem upgrading yang gratis, yellow essense yang ane kumpulin bener-bener numpuk sampe 150,000 dan ane ngerasa bahwa ngumpulin yellow essense banyak-banyak ya ga ada gunanya. Padahal yellow essense tersebut udah di beli-beliin items, tapi tetep aja ga habis karena bisa dibilang item pada game ini terbilang murah dan cuma bisa nge-carrynya sedikit. Sekali lagi, karena sistem yang kayak begini ga perlu atur strategi yang tepat untuk menyelesaikan game ini.

Pada game Ninja Gaiden Sigma 2, udah ga ada lagi yang namanya eksplorasi ruangan. Di game ini juga ga ada satu ruangan yang isinya musuh yang semi unlimited (respawn terus menerus dalam jumlah banyak) untuk dapetin special items. Padahal, elemen yang kayak gini yang bikin game ini seru. Kamu jadi harus mikir 2x untuk masukin ruangan, kamu perlu siapin supply yang banyak untuk ngehadepin musuh yang bener-bener banyak. Mungkin tim pengembang game ini pengen membuat sesuatu yang berbeda sehingga elemen-elemen yang udah ada di Ninja Gaiden Sigma ya ada beberapa yang hilang, salah satunya ini.
 
Masuk pada bagian pembahasan boss fight. Boss yang disajikan pada game ini cukup variatif. Setiap boss memiliki kelemahannya masing-masing sehingga cara mengalahkannya juga berbeda-beda. Tapi, ada beberapa boss yang nantinya kita bakal ketemu 2 kali fight atau bahkan 3 kali fight dengan boss yang sama dan untuk damage dan moveset bener-bener sama kayak pas pertama kali ketemu. Ya jadinya ga ada tantangannya lawan boss tersebut. Dengan formula permainan yang sama, melawan boss tersebut bisa dimenangkan dengan mudah. Oh ya, untuk boss terakhir juga bisa dibilang mudah yang akhirnya bikin ane mikir “Kok boss terakhir gini amat ya?” Gampang untuk dikalahkan gitu loh kayak ga cocok dijadiin sebagai boss terkahir.

Game ini memiliki 2 karakter tambahan yang bisa dimainkan. Jadi, secara total ada 4 karakter yang bisa dimainkan yaitu Ryu, Momoji, Ratchel, dan Ayana. Tapi tetep yang nyaman untuk dipake adalah sang karakter utama yaitu Ryu Hayabusa. Tiga karakter lainnya cuman dikasih satu jatah scene doang yang menurut ane sih ga usah di tampilin juga ga masalah. Kecuali pas scene Ayane ngambil Dragon Eye, ok lah itu masih ga papa. Kalo kayak Ratchel yang ngejar-ngejar iblis dan Momoji yang bertemu dua iblis kembar kayaknya itu ga perlu di masukin dalam cerita deh karena beneran ga penting. 

Setelah berhasil menamatkan game ini, maka ada bonus yang didapatkan yaitu berupa kostum. Nah ini nih yang bikin kita semua semangat untuk menamatkan gamenya berulang-ulang kali demi mendapatkan kostum yang kece. Beda difficulty level yang diselesaikan, beda juga bonus kostum yang akan didapatkan. Total kostumyang bisa digunakan oleh Ryu ada 5 kostum (sudah termasuk kostum default).


Salah satu kostum yang ane paling demen adalah kostum klasik dari Ryu Hayabusa

CONCLUSION

Mungkin cukup sekian aja pembahasan tentang Ninja Gaiden Sigma 2. Intinya, ane cukup kecewa aja karena ga sesuai sama yang ane harepin untuk gameplaynya. Tapi untuk story, walaupun alurnya predictible tapi tetep bisa dinikmati hingga akhir cerita. Sampai ketemu lagi di sesi berikutnya.